HJ. ETI BUDIMAN HADIRI SOSIALISASI PENGANEKARAGAMAN KONSUMSI PANGAN LOKAL

Senin, 20 Maret 2017 21:23:09 WIB oleh Dishubkominfo

Kota - Senin (20/03) bertempat di Gedung Galih Prawestri, Dinas Ketahanan Pangan Kota Tasikmalaya menggelar Sosialisasi Penganekaragaman Konsumsi Pangan Lokal guna memenuhi pangan B2SA atau Beragam Bergizi Seimbang dan Aman. Acara dihadiri oleh Hj. Eti Budiman dengan peserta dari PKK dan KWT.

Tampil sebagai pemateri, Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan, Ucu Anwar Surahman mengatakan sosialisasi tersebut digelar tiada lain untuk mengajak para kader PKK dan Komunitas Wanita Tani (KWT) agar senantiasa berperan aktif dalam memilih memilah serta mengolah pangan yang bisa menjadi bahan alternatif kebutuhan konsumsi sehari-hari, “Kita ambil contoh, kita bisa mengganti nasi dengan singkong. Dalam singkong sendiri, ada kelebihan yang baik bagi tubuh kita daripada nasi. Meski kandungan karbohidratnya lebih rendah namun nuansa makannya sama, dapat mengenyangkan,” paparnya.

Ia menambahkan untuk memenuhi pangan B2SA, masyarakat dituntut pula dalam memilih dan memilah makanan agar aman di konsumsi, “Dalam kesempatan itu, saya menyampaikan bagaimana masyarakat memililih gizi yang berimbang, salah-satunya kurangi makanan fast food, cara mengenali dan tips mengolah makanan, baik buah-buahan maupun sayur-sayuran. Dan Alhamdulillah para peserta yang hadir memahami tata cara bagaimana mengolah makanan sehat,” tambahnya

Sementara itu, Kadis DKP Rachmat Mahmuda SE, mengatakan dalam sosialisasi tersebut pihaknya juga menyerahkan bibit cabai kepada Ibu Walikota yang diserahkan kepada para PKK dan KWT yang nantinya akan ditanam di wilayahnya masing-masing, “Kami membagikan 2000 bibit cabai yang diserakan oleh bu Wali. Ini dinamakan Gertam atau gerakan tanam cabai,” singkatnya. (Kominfo)