TUNJANG KEAMANAN PANGAN DI KOTA, DKP BENTUK KADER DAN RENCANAKAN MOBIL LAB KELILING SENDIRI

Kamis, 20 April 2017 06:46:20 WIB oleh Dishubkominfo

Kota - Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tasikmalaya Rachmat Mahmuda, SE., mengatakan pembentukan kader berkerjasama dengan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) sebagai salah satu upaya dari DKP Kota Tasikmalaya dalam menjamin keamanan pangan yang sehat, bermutu dan berkualitas.

"Sementara ini, pembentukan dilakukan di lima kelurahan di tiap daerah melalui program gerakan keamanan pangan desa sesuai petunjuk dari BPOM. Kedepan pembentukan kader keamanan pangan tersebut juga akan dan harus dilakukan di seluruh kelurahan di Kota Tasikmalaya," paparnya saat turut memantau melaksanakan program gerakan keamanan pangan desa di Kelurahan Parakannyasag Kec. Indihiang, Rabu (19/04) oleh BPOM Propinsi Jabar.

Ia menambahkan, kader dibentuk prioritas di wilayah kelurahan yang punya potensi besar dalam pengolahan pangan. "Semoga saja tahun depan kita bisa meinidaklanjuti dari program BPOM ini. Selain itu juga diharapkan adanya dukungan dari dewan kaitan dengan anggaran untuk keamanan pangan juga para pelaku usaha sendiri bisa sadar dan mau merubah pola pikir untuk tidak mencari keuntungan besar sambil merugikan serta membahayakan masyarakat. Begitu juga bagi para konsumen agar bisa memilih dan memilah produk makanan yang aman juga sehat,” imbuhnya.

Upaya-upaya tersebut, tambahnya lagi, DKP juga telah merencanakan penyediaan kendaraan Laboraturium Keliling agar bisa melakukan pengawasan dan pencegahan pangan secara rutin. “Untuk sementara ini, mengingat dinas ini baru dibentuk dan terbentur keterbatasan anggaran maka kami menjalin kerjasama dengan BPOM untuk melaksanakan tugas guna menjamin ketahanan dan keamanan pangan di kota santri ini,” pungkasnya. (Kominfo)