Forum Diskusi Kota Tasikmalaya

Wilujeng sumping di forum diskusi Tasik Kota Resik

Anda belum login.

#1 2008-10-24 02:01:00

burujul
Staff
Terdaftar: 2008-04-02
Posting: 540
Situs Web

Apa itu Tarekot/Torekot?

mohon penjelasan dr temen2 ttg subjek tsb diatas, apa yg dimaksud itu?
macamnya ada berapa? apa itu seperti kebathinan?
makasih.

Offline

 

#2 2008-10-24 02:07:07

waltub
CPNS
Terdaftar: 2008-09-15
Posting: 470

Re: Apa itu Tarekot/Torekot?

burujul menulis:

mohon penjelasan dr temen2 ttg subjek tsb diatas, apa yg dimaksud itu?
macamnya ada berapa? apa itu seperti kebathinan?
makasih.

Thariqah adalah jalan menuju Allah. Istilah ini umum untuk kalangan SUFI (TASAWWUF). Orang yg sedang "berjalan menuju" ALLAH sisebut SALIK.

Ada banyak, tp yg paling terkenal adalah NAQSYAHBANDIYAH.

Emang knapa? anda ingin belajar tarekot?

Terakhir di-edit oleh waltub (2008-10-24 02:07:57)

Offline

 

#3 2008-10-24 02:14:11

burujul
Staff
Terdaftar: 2008-04-02
Posting: 540
Situs Web

Re: Apa itu Tarekot/Torekot?

ada penjelasan lebih rinci nda kang?
mempelajari dulu kang, ikut apa nda keputusan belakang...gitu kang?

Offline

 

#4 2008-10-24 02:21:32

waltub
CPNS
Terdaftar: 2008-09-15
Posting: 470

Re: Apa itu Tarekot/Torekot?

burujul menulis:

ada penjelasan lebih rinci nda kang?
mempelajari dulu kang, ikut apa nda keputusan belakang...gitu kang?

Enaknya kita langsung ngupas TASAWUF saja ya.

TASAWUF tidak dikenal pada jaman nabi Muhammad. Asal katanya ada yg berasal dari bulu domba yg kasar, sebagai cerminan sikap hidup sederhana dari para sufi atau dari kata shaff yg berarti barisan atau As-shuff yg berarti tempat dimana sahabat2 nabi yg kondisinya sangat memprihatinkan tapi hati mereka tetap teguh untuk menjalankan syariat islam. Intinya tasawuf adalah lawan bandingan dari FIQIH. Jika fiqih lebih menekankan pada ibadah lahir, maka tasawuf lebih menekankan pada ibadah batin. Nah jalan untuk mencapainya melalui thariqah yg banyak macamnya. Terkadang orang menganggap tasawwuf sebagai ilmu yg melenceng dari islam. Padahal klo mau dibuktikan lebih dalam, belum tentu seperti itu. Anda tahu tokoh tasawwuf Al-Hallaj yg dipancung, atau Syekh Siti Jenar? Pembunuhan thdp mereka masih menjadi kontroversi.

Offline

 

#5 2008-10-24 02:28:57

burujul
Staff
Terdaftar: 2008-04-02
Posting: 540
Situs Web

Re: Apa itu Tarekot/Torekot?

Terkadang orang menganggap tasawwuf sebagai ilmu yg melenceng dari islam.

iya itu seperti itu kang....padahal kan tujuannya untuk lebih beribadah...
jadi inget kisah walisongo ya...dan memang sy juga masih blm paham seperti syekh siti jenar, karena dalam cerita wali9 cuman dikupas dikit....trus apa masih ada hubungan/cerita dengan syekh abdul qodir jaelani?

Offline

 

#6 2008-10-24 02:31:58

waltub
CPNS
Terdaftar: 2008-09-15
Posting: 470

Re: Apa itu Tarekot/Torekot?

burujul menulis:

Terkadang orang menganggap tasawwuf sebagai ilmu yg melenceng dari islam.

iya itu seperti itu kang....padahal kan tujuannya untuk lebih beribadah...
jadi inget kisah walisongo ya...dan memang sy juga masih blm paham seperti syekh siti jenar, karena dalam cerita wali9 cuman dikupas dikit....trus apa masih ada hubungan/cerita dengan syekh abdul qodir jaelani?

Ya, Syekh abdul qodir jaelani juga dianggap sebagai tokoh puncak dalam dunia tasawwuf. Sehingga tak heran klo dalam tiap doa sufi pada aliran tertentu mengikutkan  kalimat:

Ila hadrotin syekh abdul qodir jaelani.

Offline

 

#7 2008-10-24 02:36:38

burujul
Staff
Terdaftar: 2008-04-02
Posting: 540
Situs Web

Re: Apa itu Tarekot/Torekot?

betul kang.
terus apa benar kalo asalnya ini dinusantara berasal dari wilayah bandung? karena ktnya sumber dibandung...dan ada yg bilang ada prabu siliwangi dan kiansantang...
karena hal2 semacam ini di jawa tengah, seperti daerah sy, ada.
dan kadang dalam doa, para leluhur daerah yg dipandang(ya seperti syekh abdul qodir jaelani) itu dipanjatkan doa(diberi fatihah).

Offline

 

#8 2008-10-24 02:41:46

waltub
CPNS
Terdaftar: 2008-09-15
Posting: 470

Re: Apa itu Tarekot/Torekot?

burujul menulis:

betul kang.
terus apa benar kalo asalnya ini dinusantara berasal dari wilayah bandung? karena ktnya sumber dibandung...dan ada yg bilang ada prabu siliwangi dan kiansantang...
karena hal2 semacam ini di jawa tengah, seperti daerah sy, ada.
dan kadang dalam doa, para leluhur daerah yg dipandang(ya seperti syekh abdul qodir jaelani) itu dipanjatkan doa(diberi fatihah).

Wah klo di nusantara saya gak tahu. Tapi wali songo sesungguhnya juga sangat kental dengan tasawuf. Bukan hanya di tanah jawa, di pulau sumatra juga ada, di kalimantan terkenal dengan syekh arsyad al-banjari, di sulawesi juga ada yg namanya wali tujuh, di lombok apalagi. Gak terhitung deh wali di nusantara ini.

Perdebatan yg sengit terjadi antara wali songo dengan syekh siti jenar. Wali songo menuduh bahwa ajaran syek siti jenar sesat. Tp cerita ini banyak versi dan kontroversi. Sebagian orang menganggap bahwa wali songolah yg tidak mampu untuk memahami "KEILMUAN" syekh siti jenar. Sebab syekh siti jenar tenyata "LEBIH TINGGI" dari pada wali songo.

Offline

 

#9 2008-10-24 02:49:16

burujul
Staff
Terdaftar: 2008-04-02
Posting: 540
Situs Web

Re: Apa itu Tarekot/Torekot?

Sebagian orang menganggap bahwa wali songolah yg tidak mampu untuk memahami "KEILMUAN" syekh siti jenar. Sebab syekh siti jenar tenyata "LEBIH TINGGI" dari pada wali songo

betul kang..katanya sih, karena ketinggian ilmu ibadahnya, sehingga pas mengajarkan kesantri nya langsung dengan sistem ajar yang tinggi...sehingga santri2 nya tergantung gimana dia menangkap pembelajarannya.
kalo diindonesia sendiri, untung sekarang ahli/tokoh tasawuf siapa ya kang, kalo ahli tafsir qur'an kan kaya quraish shihab....

naqsahbandiyah

selain ini apalagi kang?

Offline

 

#10 2008-10-24 02:56:29

waltub
CPNS
Terdaftar: 2008-09-15
Posting: 470

Re: Apa itu Tarekot/Torekot?

burujul menulis:

betul kang..katanya sih, karena ketinggian ilmu ibadahnya, sehingga pas mengajarkan kesantri nya langsung dengan sistem ajar yang tinggi...sehingga santri2 nya tergantung gimana dia menangkap pembelajarannya.
kalo diindonesia sendiri, untung sekarang ahli/tokoh tasawuf siapa ya kang, kalo ahli tafsir qur'an kan kaya quraish shihab....

Wah klo cari namanya sih susah, sebab orang seperti ini gak bakalan masuk TV. Biasanya klo di pulau jawa, para sufi ini tempatnya di pedalaman. Klo di banjarmasin - martapura - kalimantan, ada yg namanya guru ijay. Dia ulama paling terkenal di banjar bahkan di kalimantan.

buruju menulis:

naqsahbandiyah...
selain ini apalagi kang?

wah banyak ya, saya gak hapal, mungkin juga ada aliran Qodiriyah.

Offline

 

#11 2008-10-24 03:04:25

burujul
Staff
Terdaftar: 2008-04-02
Posting: 540
Situs Web

Re: Apa itu Tarekot/Torekot?

tarekot kalo dijawa disebut hijib (nda tau nulisnya gmn), bener apa salah?
dan selalu menguacapkan Ila hadrotin syekh abdul qodir jaelani. sebelum para ahli tarekot laen..
dan ktnya kdang kalo belajar ini jg bisa sekalian kebathinan(u beladiri/jagadiri), kadang hilang ksadaran dan badan qt ada yg gerakin(jurus)..bener nda ini?
trus...sekarang kan byk tuh dimedia2, baik cetak or tv, penyembuhan/pengobatan dgn kiai....../tabib ini menggunakan kata2 islam, ini termasuk kemana?...ktnya kan kalo yg sdh pandai nda boleh diperjualibelikan, cukup disebarkan.

Offline

 

#12 2008-10-24 03:14:04

waltub
CPNS
Terdaftar: 2008-09-15
Posting: 470

Re: Apa itu Tarekot/Torekot?

burujul menulis:

tarekot kalo dijawa disebut hijib (nda tau nulisnya gmn), bener apa salah?

Wah klo itu saya gak tahu.

burujul menulis:

dan selalu menguacapkan Ila hadrotin syekh abdul qodir jaelani. sebelum para ahli tarekot laen..

Nih ucapannya:

Ilahi anta maksudi waridhlo kamatlubi a'tini mahabattaka wa ma'rifataka
ila hadrotin nabiyyil mustafa muhammadin rosulillahi saw wasohbil qirom saiulillahu (AL-FATIHAH)
ila hadrotin syekh abdul qodir jaelani
ila hadrotin nabi khidir balya ibnu malkan alaihissalam
.....
waila hadroti waliul ghous qodda sholla asroro ihim wa furu ihim
.....

Jadi tiap aliran tergantung pada jalur mana tokoh2 yg diyakininya. Tidak semuanya menuju pada abdul qodir jaelani.

dan ktnya kdang kalo belajar ini jg bisa sekalian kebathinan(u beladiri/jagadiri), kadang hilang ksadaran dan badan qt ada yg gerakin(jurus)..bener nda ini?

Meskipun tasawwuf memiliki dimensi ini, tp tidak bisa disamakan dgn beladiri atau tenaga dalam. Klo itu laen urusan.

trus...sekarang kan byk tuh dimedia2, baik cetak or tv, penyembuhan/pengobatan dgn kiai....../tabib ini menggunakan kata2 islam, ini termasuk kemana?...ktnya kan kalo yg sdh pandai nda boleh diperjualibelikan, cukup disebarkan.

Wah gak tau, tp yg jelas ada perbedaan tasawwuf dengan ilmu2 spt itu.

Terakhir di-edit oleh waltub (2008-10-24 03:14:57)

Offline

 

#13 2008-10-24 03:32:26

burujul
Staff
Terdaftar: 2008-04-02
Posting: 540
Situs Web

Re: Apa itu Tarekot/Torekot?

makasih kang, jadi mulai terbuka pikiran sy ttg ini,

Istilah ini umum untuk kalangan SUFI (TASAWWUF). Orang yg sedang "berjalan menuju" ALLAH sisebut SALIK.

jadi ini jg bisa disebut sufi, ato biasanyanya hanya dilakukan oleh org2 sufi...

Nih ucapannya:
Ilahi anta maksudi waridhlo kamatlubi a'tini mahabattaka wa ma'rifataka
ila hadrotin nabiyyil mustafa muhammadin rosulillahi saw wasohbil qirom saiulillahu (AL-FATIHAH)
ila hadrotin syekh abdul qodir jaelani
ila hadrotin nabi khidir balya ibnu malkan alaihissalam
.....
waila hadroti waliul ghous qodda sholla asroro ihim wa furu ihim
.....
Jadi tiap aliran tergantung pada jalur mana tokoh2 yg diyakininya. Tidak semuanya menuju pada abdul qodir jaelani.

oo jadi tiap aliran beda2 ya,...

Offline

 

#14 2008-10-24 03:34:43

waltub
CPNS
Terdaftar: 2008-09-15
Posting: 470

Re: Apa itu Tarekot/Torekot?

burujul menulis:

makasih kang, jadi mulai terbuka pikiran sy ttg ini,

Istilah ini umum untuk kalangan SUFI (TASAWWUF). Orang yg sedang "berjalan menuju" ALLAH sisebut SALIK.

jadi ini jg bisa disebut sufi, ato biasanyanya hanya dilakukan oleh org2 sufi...

Nih ucapannya:
Ilahi anta maksudi waridhlo kamatlubi a'tini mahabattaka wa ma'rifataka
ila hadrotin nabiyyil mustafa muhammadin rosulillahi saw wasohbil qirom saiulillahu (AL-FATIHAH)
ila hadrotin syekh abdul qodir jaelani
ila hadrotin nabi khidir balya ibnu malkan alaihissalam
.....
waila hadroti waliul ghous qodda sholla asroro ihim wa furu ihim
.....
Jadi tiap aliran tergantung pada jalur mana tokoh2 yg diyakininya. Tidak semuanya menuju pada abdul qodir jaelani.

oo jadi tiap aliran beda2 ya,...

Yup. Dalam tasawuf ada empat istilah yg saling berkaitan:

SYARIAT THORIQOT HAKIKAT MA'RIFAT

Offline

 

#15 2008-10-24 03:42:03

burujul
Staff
Terdaftar: 2008-04-02
Posting: 540
Situs Web

Re: Apa itu Tarekot/Torekot?

sebelumnya makasih banyak kang, karena sdh share ini kepada sy (utamanya) dan mgkin pemerhati thred ini (umumnya)...

Yup. Dalam tasawuf ada empat istilah yg saling berkaitan:
SYARIAT THORIQOT HAKIKAT MA'RIFAT

itu hanya istilah ato memang level/grade dari seseorang?
kalo misal level, maka u subject ini berada diposisi 2...
mohon dijelaskan kembali (enak kalo lbh rinci winkwinkwink maunya...) untuk SYARIAT-HAKIKAT-MA'RIFAT

Offline

 

#16 2008-10-24 03:46:16

waltub
CPNS
Terdaftar: 2008-09-15
Posting: 470

Re: Apa itu Tarekot/Torekot?

burujul menulis:

sebelumnya makasih banyak kang, karena sdh share ini kepada sy (utamanya) dan mgkin pemerhati thred ini (umumnya)...

Yup. Dalam tasawuf ada empat istilah yg saling berkaitan:
SYARIAT THORIQOT HAKIKAT MA'RIFAT

itu hanya istilah ato memang level/grade dari seseorang?
kalo misal level, maka u subject ini berada diposisi 2...
mohon dijelaskan kembali (enak kalo lbh rinci winkwinkwink maunya...) untuk SYARIAT-HAKIKAT-MA'RIFAT

Itu sudah merupakan pandangan umum dalam dunia tasawuf.

Pada mulanya seorang salik harus menjalankan SYARIAT (ibadah lahir) kemudian dia mulai berjalan (THARIQAT) untuk menuju ALLAH melalui HAKIKAT (yaitu memandang segala sesuatu melalui kaca mata hakikat) sehingga pada akhirnya dia sampai pada taraf akhir yaitu MA'RIFAT. Ma'rifat sendiri berarti mengenal ALLAH, artinya orang2 ini benar2 tahu ttg ALLAH, sebutan orang ini adalah MUQARRABIEN. IBLIS juga termasuk dalam MUQARRABIEN sebab dia sangat2 paham dan mengetahui ttg ALLAH.

Terakhir di-edit oleh waltub (2008-10-24 03:46:34)

Offline

 

#17 2008-10-24 03:48:11

Bendi
Staff
Terdaftar: 2008-05-26
Posting: 627

Re: Apa itu Tarekot/Torekot?

waltub menulis:

burujul menulis:

sebelumnya makasih banyak kang, karena sdh share ini kepada sy (utamanya) dan mgkin pemerhati thred ini (umumnya)...

Yup. Dalam tasawuf ada empat istilah yg saling berkaitan:
SYARIAT THORIQOT HAKIKAT MA'RIFAT

itu hanya istilah ato memang level/grade dari seseorang?
kalo misal level, maka u subject ini berada diposisi 2...
mohon dijelaskan kembali (enak kalo lbh rinci winkwinkwink maunya...) untuk SYARIAT-HAKIKAT-MA'RIFAT

Itu sudah merupakan pandangan umum dalam dunia tasawuf.

Pada mulanya seorang salik harus menjalankan SYARIAT (ibadah lahir) kemudian dia mulai berjalan (THARIQAT) untuk menuju ALLAH melalui HAKIKAT (yaitu memandang segala sesuatu melalui kaca mata hakikat) sehingga pada akhirnya dia sampai pada taraf akhir yaitu MA'RIFAT. Ma'rifat sendiri berarti mengenal ALLAH, artinya orang2 ini benar2 tahu ttg ALLAH, sebutan orang ini adalah MUQARRABIEN. IBLIS juga termasuk dalam MUQARRABIEN sebab dia sangat2 paham dan mengetahui ttg ALLAH.

Menurut Anda Tasawuf itu benar atau tidak, bukankah anda tidak percaya sama Allah SWT?


http://img391.imageshack.us/img391/1039/boycottisraelanimyp3.gif

Offline

 

#18 2008-10-24 03:51:36

waltub
CPNS
Terdaftar: 2008-09-15
Posting: 470

Re: Apa itu Tarekot/Torekot?

Bendi menulis:

waltub menulis:

burujul menulis:

sebelumnya makasih banyak kang, karena sdh share ini kepada sy (utamanya) dan mgkin pemerhati thred ini (umumnya)...

itu hanya istilah ato memang level/grade dari seseorang?
kalo misal level, maka u subject ini berada diposisi 2...
mohon dijelaskan kembali (enak kalo lbh rinci winkwinkwink maunya...) untuk SYARIAT-HAKIKAT-MA'RIFAT

Itu sudah merupakan pandangan umum dalam dunia tasawuf.

Pada mulanya seorang salik harus menjalankan SYARIAT (ibadah lahir) kemudian dia mulai berjalan (THARIQAT) untuk menuju ALLAH melalui HAKIKAT (yaitu memandang segala sesuatu melalui kaca mata hakikat) sehingga pada akhirnya dia sampai pada taraf akhir yaitu MA'RIFAT. Ma'rifat sendiri berarti mengenal ALLAH, artinya orang2 ini benar2 tahu ttg ALLAH, sebutan orang ini adalah MUQARRABIEN. IBLIS juga termasuk dalam MUQARRABIEN sebab dia sangat2 paham dan mengetahui ttg ALLAH.

Menurut Anda Tasawuf itu benar atau tidak, bukankah anda tidak percaya sama Allah SWT?

Menurut saya tasawuf itu benar asalkan kita sudah beriman kepada Allah SWT. Klo saya sih acuh gak acuh, iman aja belum punya. big_smile

Offline

 

#19 2008-10-24 03:54:25

Bendi
Staff
Terdaftar: 2008-05-26
Posting: 627

Re: Apa itu Tarekot/Torekot?

waltub menulis:

Bendi menulis:

waltub menulis:

Itu sudah merupakan pandangan umum dalam dunia tasawuf.

Pada mulanya seorang salik harus menjalankan SYARIAT (ibadah lahir) kemudian dia mulai berjalan (THARIQAT) untuk menuju ALLAH melalui HAKIKAT (yaitu memandang segala sesuatu melalui kaca mata hakikat) sehingga pada akhirnya dia sampai pada taraf akhir yaitu MA'RIFAT. Ma'rifat sendiri berarti mengenal ALLAH, artinya orang2 ini benar2 tahu ttg ALLAH, sebutan orang ini adalah MUQARRABIEN. IBLIS juga termasuk dalam MUQARRABIEN sebab dia sangat2 paham dan mengetahui ttg ALLAH.

Menurut Anda Tasawuf itu benar atau tidak, bukankah anda tidak percaya sama Allah SWT?

Menurut saya tasawuf itu benar asalkan kita sudah beriman kepada Allah SWT. Klo saya sih acuh gak acuh, iman aja belum punya. big_smile

Masih KAFIR yah kang.....
Tenang... Saya Yakin Allah SWT punya rencana yang mantap buat anda.
Semoga Allah memberikan hidayah dan taufiknya kepada Anda dan kembali ke jalan yang benar, dan bisa mengikuti Sunnah Rasulullah SAW.


http://img391.imageshack.us/img391/1039/boycottisraelanimyp3.gif

Offline

 

#20 2008-10-24 04:00:19

waltub
CPNS
Terdaftar: 2008-09-15
Posting: 470

Re: Apa itu Tarekot/Torekot?

Bendi menulis:

waltub menulis:

Bendi menulis:


Menurut Anda Tasawuf itu benar atau tidak, bukankah anda tidak percaya sama Allah SWT?

Menurut saya tasawuf itu benar asalkan kita sudah beriman kepada Allah SWT. Klo saya sih acuh gak acuh, iman aja belum punya. big_smile

Masih KAFIR yah kang.....
Tenang... Saya Yakin Allah SWT punya rencana yang mantap buat anda.
Semoga Allah memberikan hidayah dan taufiknya kepada Anda dan kembali ke jalan yang benar, dan bisa mengikuti Sunnah Rasulullah SAW.

Yeeeah semoga.

Offline

 

#21 2008-10-24 04:07:36

Bendi
Staff
Terdaftar: 2008-05-26
Posting: 627

Re: Apa itu Tarekot/Torekot?

waltub menulis:

Bendi menulis:

waltub menulis:


Menurut saya tasawuf itu benar asalkan kita sudah beriman kepada Allah SWT. Klo saya sih acuh gak acuh, iman aja belum punya. big_smile

Masih KAFIR yah kang.....
Tenang... Saya Yakin Allah SWT punya rencana yang mantap buat anda.
Semoga Allah memberikan hidayah dan taufiknya kepada Anda dan kembali ke jalan yang benar, dan bisa mengikuti Sunnah Rasulullah SAW.

Yeeeah semoga.

Kang Waltub... Jika anda benar-benar niat ingin masuk kembali kedalam Agama Islam. Saya pikir jawaban tidak pantas dengan kata yeeeeah... Kata yeeahhh ini adalah sebuah ejekan. Disini saya semakin jelas bahwa anda bukan ingin mencari kebenaran.
Jika anda serius ingin masuk islam jawabannya pasti semangat.


http://img391.imageshack.us/img391/1039/boycottisraelanimyp3.gif

Offline

 

#22 2008-10-24 04:15:21

waltub
CPNS
Terdaftar: 2008-09-15
Posting: 470

Re: Apa itu Tarekot/Torekot?

Bendi menulis:

waltub menulis:

Bendi menulis:


Masih KAFIR yah kang.....
Tenang... Saya Yakin Allah SWT punya rencana yang mantap buat anda.
Semoga Allah memberikan hidayah dan taufiknya kepada Anda dan kembali ke jalan yang benar, dan bisa mengikuti Sunnah Rasulullah SAW.

Yeeeah semoga.

Kang Waltub... Jika anda benar-benar niat ingin masuk kembali kedalam Agama Islam. Saya pikir jawaban tidak pantas dengan kata yeeeeah... Kata yeeahhh ini adalah sebuah ejekan. Disini saya semakin jelas bahwa anda bukan ingin mencari kebenaran.
Jika anda serius ingin masuk islam jawabannya pasti semangat.

Upps sorry klo itu akang artikan lain. Oke deh. Iya mudah2an ALLAH menunjuki hati saya pada AL-HAQ.

Offline

 

#23 2008-10-24 06:35:57

burujul
Staff
Terdaftar: 2008-04-02
Posting: 540
Situs Web

Re: Apa itu Tarekot/Torekot?

@ waltub
disetiap aliran torekot selalu mengucapkan kalimat ini juga nda? (maaf kalo salah tulis) laqodjaakum rosulummin anfusikum azizu alaihi ma anittum harisu alaikum bil mukminina roufurrohim....

Offline

 

#24 2008-10-24 06:37:50

burujul
Staff
Terdaftar: 2008-04-02
Posting: 540
Situs Web

Re: Apa itu Tarekot/Torekot?

untuk semua (termasuk kang waltub)
kalo ditasik, 'abah anom",suralaya, itu termasuk torekot bukan? kalo termasuk torekot, torekot mana? ada yang tahu nda?

Offline

 

#25 2008-10-24 06:50:10

waltub
CPNS
Terdaftar: 2008-09-15
Posting: 470

Re: Apa itu Tarekot/Torekot?

burujul menulis:

@ waltub
disetiap aliran torekot selalu mengucapkan kalimat ini juga nda? (maaf kalo salah tulis) laqodjaakum rosulummin anfusikum azizu alaihi ma anittum harisu alaikum bil mukminina roufurrohim....

Wah gak pernah dengar. Saya pernah sih ikut tasawuf, tapi yg itu gak pernah dengar.

Offline

 

Catatan kaki forum

© Copyright 2007–2008 Pemerintah Kota Tasikmalaya