POLTEKES KEMENKES GELAR SOSIALISASI GERMAS, ANGGOTA DPR RI SAMBUT POSITIF

Minggu, 16 Juli 2017 18:58:03 WIB oleh Dishubkominfo

Kota - Bertempat di Gelanggang Olahraga (GOR) Sukapura Dadaha, Poltekes Kemenkes Tasikmalaya menggelar Sosialisasi Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS), Minggu (16/07). Kegiatan dihadiri dan diikuti total 400 peserta dari seluruh OPD, organisasi profesi, masyarakat umum dan yang lainnya.

Acara juga dihadiri Anggota DPR RI Hj. Siti Mufattahah, Plt. Sekda Kota Tasikmalaya Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, Kepala Bappelitbangda, para Camat se-Kota, dan tamu undangan lainnya. Diawali dengan senam, pemeriksaaan kesehatan, dan dialog interaktif, sosialisasi tersebut di rangkaikan dengan beberapa kegiatan

Ditemui, Ketua Penyelenggara Hj. Atit Tajmiati, M.Pd mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut merupakan realisasi dari program kerja tahunan Poltekes sebagai salah satu Perguruan Tinggi di Tasikmalaya dan Priangan Timur dalam pengabdian kepada masyarakat.

"Sosialisasi GERMAS juga merupakan perwujudan dari upaya guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Dengan adanya pergeseran budaya, sekarang ini tidak hanya penyakit menular tapi angka kejadian penyakit tidak menular juga tinggi," paparnya.

Dan itu sebetulnya, lanjut Ia, bisa ditanggulangi dengan upaya makanan alami. Terutama bagi kalangan remaja akibat pengaruh dari makanan siap saji. "Jadi, kita mengingatkan pentingnya memakan makanan bergizi dan menyempatkan olahraga setiap hari. Disamping itu juga lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin ke tempat pelayanan kesehatan," tambah Atit. Dalam kegiatan sosialisasi, pihaknya mengacarakan penandatangan komitmen GERMAS oleh masyarakat dan OPD serta pihak lainnya.

Hal senada juga disampaikan, Direktur Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya Hj. Betty Suprapti, S.Kp., M.Kes mengatakan sosialisasi GERMAS merupakan program yang sudah dicanangkan dan tertuang dalam rencana induk pengembangan pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan melaksanakan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi  disamping pendidikan dan penelitian dengan harapan bisa membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Selain melaksanakan sosialisasi kerjasama dengan Komisi IX DPR RI tersebut, kami juga melakukan pengabdian dengan bentuk lain secara rutin seperti di Lembaga Pemasyaratan (Lapas)," terangnya seraya mengharapkan upaya yang dilakukannya itu bisa memberikan pembiasaan bagi mahasiswanya sebagai calon tenaga kesehatan agar dapat melaksanakan Tri Dharma. 

Menanggapi kegiatan tersebut, anggota Komisi IX DPR RI Hj.Siti Mufattahah mengatakan dengan adanya sosialisasi tersebut, masyarakat lebih memahami tata cara memelihara kesehatan dengan menjalankan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) sehingga dapat melaksanakan aktifitas yang bermanfaat bagi pengembangan daerah.

"Dengan banyaknya masyarakat yang datang ke rumah sakit untuk memeriksakan penyakitnya menandakan masih banyak yang sakit. Oleh karena itu, dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat bisa memelihara kesehatan untuk mengurangi mereka datang untuk berobat meskipun pemerintah bisa membantu melalui program jaminan kesehatan nasional,” paparnya.

Ia juga menghimbau kepada semua mitra kerja dari pemerintah mulai dari Kementerian Kesehatan, BKKBN, BPOM dan yang lainnya untuk lebih meningkatkan dan memaksimalkan kinerjanya demi mencapai target maksimalnya penanganan kesehatan di tahun 2019. “Semaksimal apapun kinerjanya yang penting tiap tahun ada progres untuk meningkatkan derajat kesehatan yang lebih baik dan mudah-mudahan ke depan junlah anggaran 5 persen dari APBN untuk kesehatan bisa dipertahankan,” tandasnya. Kominfo